PJ Gubernur di Dampingi BPBD Sumsel Serahkan Bantuan dan Tinjau langsung lokasi kebakaran di 27 Ilir Kota Palembang

dilihat : 361
BAGIKAN :
PJ Gubernur di Dampingi BPBD Sumsel Serahkan Bantuan dan Tinjau langsung lokasi kebakaran di 27 Ilir Kota Palembang

Beri bantuan : Pj Gubernurl Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si di dampingi Kalaksa BPBD Sumsel serahkan bantuan dan meninjau lokasi kebakaran di 27 ilir kota Palembang. Foto : Arief / BPBD Sumsel.

Palembang, BPBD Sumsel -Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si di damping Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) M. Iqbal Alisyahbana S.STP, MM serahkan bantuan dan meninjau lokasi kebakaran di 27 Ilir Kota Palembang (13/2/2024).

 

Kebakaran yang terjadi pada Selasa (13/2/2023) pukul 01.30 WIB di Lorong Mangga RT. 01, Kelurahan 27 Ilir, Kecamatan Ilir Barat 2, Kota Palembang yang mengakibatkan 9 unit rumah hangus terbakar serta 34 Kepala Keluarga (KK) menjadi korban dalam peristiwa tragis ini.

 

Kepala Kelurahan Umar Rudi Tubillah membenarkan adanya kejadian kebakaran di 27 Ilir Kecamatan Ilir Barat 2, Kota Palembang diakibatkan konsleting arus listrik.


“Kebakaran terjadi akibat konsleting arus listrik," katanya.

 

Kedatangan Fatoni secara langsung untuk menyerahkan bantuan sekaligus meninjau korban kebakaran. “Saya sangat merasa bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran semalam dan warga dalam kondisi baik-baik saja," kata Fatoni.

 

Adapun bentuk bantuan yang di berikan berupa 34 paket sembako, 34 lembar matras, 34 lembar selimut, 34 bungkus makanan siap saji nasi goreng, 34 botol sabun cair cuci tangan, dan 34 kotak hygiene kit.



Tinjau lokasi kebakaran : PJ Gubernur di damping Kalaksa BPBD Sumsel Meninjau Lokasi kebakaran di 27 Ilir. Foto : Farel / BPBD Sumsel.


Fatoni juga menghimbau jika ada warga yang terluka atau sakit pemerintah provinsi sumsel sudah menyiapkan obat-obatan beserta tenaga kesehatan.

 

“Pemerintah sudah siapkan obat-obatan dan tenaga medis serta dokter jika ada masyakrat yang ingin berobat,” tambahnya.



Paket Bantuan : 34 paket sembako, 34 lembar matras, 34 lembar selimut, 34 bungkus makanan siap saji nasi goreng, 34 botol sabun cair cuci tangan, dan 34 kotak hygiene kit. Foto : Farel / BPBD Sumsel.

Dinas Sosial Sumsel berikan makanan Siap Saji 100 Paket, Lauk Pauk Siap Saji 200 Paket, Selimut 35 Lembar, Kids Ware 10 Paket, Family Kit 20 Paket, Sandang Anak 44 Paket, Sandang Dewasa 36 Paket, Kasur 35 Lembar, Tenda Gulung 35 Lembar.

 

Dinas Kesehatan Sumsel juga ikut hadir dan memberikan Obat-obat 1 paket, Bahan medis habis pakai 1 paket, PMT 160 kotak, Handscoon/Sarung tangan 2000 pcs, Masker 2000 pcs.

 

Hadir juga ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH, MH yang ikut merasa prihatin atas kejadian kebakaran yang terjadi di kelurahan 27 ilir itu.

 

“Saya turut prihatin dengan musibah yang dialami oleh warga kelurahan 27 ilir,” Sebut Anita.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Trauma Center Kebencanaan dan Pelayanan Kesehatan (UPTB TC & PK) BPBD H. Wibowo, S.Pd, M.Kes menjelaskan hasil pemeriksaan kesehatan yang di lakukan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel mendapati ada 97 warga terkena penyakit.


Layanan Kesehatan: Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Trauma Center Kebencanaan dan Pelayanan Kesehatan (UPTB TC & PK) BPBD H. Wibowo, S.Pd, M.Kes bersama tim memberikan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak.


"Tim kami mencatat 71 orang dengan diagnosa penyakit darah tinggi, sakit maag, sakit kepala, nyeri sendi, gatal-gatal, ispa, luka dikaki terkena pecahan kaca, tertusuk paku, dan ditemukan 2 orang dengan hasil asam urat tinggi. Serta Dinkes Sumsel mencatat 26 warga yang  di diagnosa maag, hipertensi/darah tinggi  ", jelas Wibowo.

Umar selaku Kepala Kelurahan 27 ilir juga menyampaikan banyak terima kasih atas perhatian yang sudah di berikan kepada warganya yang terdampak kebakaran.

 “Allhamdulillah memang sangat di butuhkan bantuan kesehatan dan logistik  untuk warga yang terdampak akibat kebakaran," tambah Umar.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD