KASI TANGGAP DARURAT BPBD SUMSEL MELAKUKAN KAJI CEPAT, MENYERAHKAN BANTUAN LOGISTIK SERTA MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA KORBAN BENCANA KEBAKARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN EMPAT LAWANG

dilihat : 1101
BAGIKAN :
KASI TANGGAP DARURAT BPBD SUMSEL MELAKUKAN KAJI CEPAT, MENYERAHKAN BANTUAN LOGISTIK SERTA MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA KORBAN BENCANA KEBAKARAN PEMUKIMAN DI KABUPATEN EMPAT LAWANG

Publish Berita (Arief Imawa, SE)


Empat Lawang, Rabu 20 April 2022


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel yang diwakilkan oleh Kasi Tanggap Darurat Bpk. Supanto, SH. Melakukan Kaji Cepat Kelokasi Kejadian Bencana Kebakaran Rumah Pemukiman, Menyerahkan Bantuan Paket Logistik serta memberikan pelayanan kesehatan pada korban yang terdampak Bencana. Adapun Bantuan Paket Logistik yang diserahkan berupa Makanan Tambahan Gizi 30 Paket, Perlengkapan Keluarga (Family Kit) 29 Paket, Perlengkapan Bayi 5 Paket, Sabun Cair 120 Botol.

Bencana yang terjadi pada hari Senin, 18 April 2002 / Pukul : 17.15 Wib, yang berlokasi di jalan Jati Kelurahan Pasar Pendopo Kecamatan Pendopo Induk Kabupaten Empat Lawang. Yang terdampak : 10 Rumah, Hangus Terbakar 8 Rumah, Rusak Berat 1 Rumah, Rusak Ringan 1 Rumah. Tafsiran Kerugian : +/- Rp. 3.700.000.000, Korban Jiwa : Nihil. Adapun Kronologis Kejadian Bencana : Petugas Piket Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan dan petugas piket Tim Reaksi Cepat BPBD Kab. Empat Lawang menerima informasi yang di sampaikan oleh warga masyarakat tentang adanya kejadian kebakaran yang berasal dari rumah milik Ibu Mina/Limi, bangunan yang berbahan 65% kayu menyebabkan api sangat cepat menjalar ketetangga yang berdempatan, setidaknya ada 8 rumah yang habis terbakar 1 rusak berat dan 1 rusak ringan. Dugaan awal penyebab kebakaran diduga dari konsleting listrik. Petugas piket Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta petugas piket Tim Reaksi Cepat BPBD Empat Lawang mendapatkan laporan adanya kebakaran dari warga, setelah menerima informasi langsung mengerahkan Satu (1)unit armada pemadam zona II (Pendopo) kelokasi kejadian serta di dukung oleh Sepuluh (10) orang personil pemadam untuk melakukan penanganan kebakaran tersebut. Besarnya kobaran api mempercepat penyebaran dan langsung melahap beberapa rumah lainnya. Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kab. Empat Lawang menambah 2 Unit Armada pemadam dari zona I (Tebing tinggi) 8 personil, zona IV (Ulu musi) 6 personil, serta 6 personil dari zona III (Muara pinang). Setidaknya 10 (Sepuluh) rumah warga dilahap sijago merah, 8 (Delapan) habis terbakar, (1) satu rusak berat dan (1) satu rusak ringan. Untuk pemadaman dan penangan sendiri baru selesai dilakukan oleh petugas pada pukul 21:00 wib.

Upaya yang dilakukan : BPBD Provinsi Sumsel Melakukan Koordinasi dengan BPBD Kabupaten Empat Lawang untuk melakukan pendataan, Memberikan Bantuan Paket Logistik, serta Memberikan Pelayanan Kesehatan Kepada Korban yang terdampak Bencana Kebakaran.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD