KALAKSA BPBD SUMSEL MENDAMPINGI KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR SUMSEL DALAM RANGKA MENINJAU LOKASI BENCANA SERTA MEMBERIKAN BANTUAN PADA KORBAN BENCANA BANJIR BANDANG DI KABUPATEN MUARA ENIM

dilihat : 651
BAGIKAN :
KALAKSA BPBD SUMSEL MENDAMPINGI KUNJUNGAN KERJA GUBERNUR SUMSEL DALAM RANGKA MENINJAU LOKASI BENCANA SERTA MEMBERIKAN BANTUAN PADA KORBAN BENCANA BANJIR BANDANG DI KABUPATEN MUARA ENIM

Publish Berita : Arief Imawa,SE (Pusdalops BPBD Sumsel)


Muara Enim, Jumat 10 Maret 2023

 

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Selatan Bpk. H. Iriansyah, S.Sos, SKM, M.Kes. Mendampingi Kunjungan Kerja Gubernur Sumsel Bpk. H. Herman Deru. Dalam Rangka Melakukan Kaji Cepat Sekaligus Menyerahkan Bantuan Gubernur Sumsel Untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Kabupaten Muara Enim. Bencana yang terjadi pada hari kamis, 09 Maret 2023 yang disebabkan oleh Curah Hujan yang Tinggi di Wilayah Kab. Muara Enim dan Kab. Lahat. Meluapnya  Muara Air Mulak Lematang ke Arah Aliran Sungai Talang Genting  Melalui Desa Tanah Abang, dan Desa Perapau.

Pada kejadian bencana banjir bandang ini menyebabkan dampak yang ditimbulkan di beberapa Kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim, antara lain : 1). Kecamatan Panang Enim, Desa Lubuk Nipis : Rumah Terendam 70 Unit, Sawah Terendam 12 Ha, Jalan Setapak Terendam 50 m. 2). Kecamatan Semendo Darat Laut, Desa Prapau : Rumah Terendam 8 Unit, Rumah Rusak Ringan 3 Unit, Ketinggian Air 100 cm. 3).         Kecamatan Lawang Kidul, Desa Gang Bangka : Rumah Terendam 30 Unit. Desa Tungkal : Rumah Terendam 30 Unit.      4).           Kecamatan Muara Enim, Desa Muara Enim : Rumah Terendam 10 Unit. 5).    Kecamatan Ujan Mas, Desa Tanjung Raman : 120 Unit Rumah. Desa Kampung 8 : 21 Unit Rumah. Upaya yang telah dilakukan oleh BPBD Provinsi Sumatera Selatan yaitu, melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Muara Enim & pihak terkait, melakukan kaji cepat, memberikan pelayanan kesehatan oleh tim UPTB Trauma Center & Pelayanan Kesehatan BPBD Sumsel, serta menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban bencana banjir bandang.

Adapun bantuan yang diserahkan oleh Gubernur sumsel melalui BPBD Provinsi Sumsel sebanyak 100 Paket Sembako terdiri dari : Mie Instan 1000 bks, Sarden 400 klg, Gula Pasir 100 kg, Minyak Goreng 100 kg, Gandum 100 kg, Kecap Manis 200 btl, Saos Sambal 200 btl, Goodie Bag 100 pcs.

BPBD Provinsi Sumsel Melalui Kepala UPTB Trauma Center & Pelayanan Kesehatan  Bpk. H. Wibowo, S.Pd, SKM, M.Kes beserta Tim Medis yang terdiri dari Dokter dan Perawat. Memberikan Pelayanan Kesehatan secara gratis kepada korban bencana banjir bandang di Tanjung Raman Ujan Mas Kabupaten Muara Enim. Dari hasil pemeriksaan pada masyarakat korban bencana banjir bandang, terdapat 53 orang dengan keluhan penyakit Darah Tinggi, gatal-gatal, diare,  dan demam.  


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD