KALAKSA BPBD SUMSEL DAMPINGI GUBERNUR SUMSEL MENERIMA KUNJUNGAN KERJA KEPALA BMKG STAKLIM & STAMET SMB 2 PALEMBANG

dilihat : 22
BAGIKAN :
KALAKSA BPBD SUMSEL DAMPINGI GUBERNUR SUMSEL MENERIMA KUNJUNGAN KERJA KEPALA BMKG STAKLIM & STAMET SMB 2 PALEMBANG

Publish Berita : Arief Imawa,SE (Pusdalops BPBD Sumsel)


Palembang, Jumat 23 September 2022

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel Bpk. H. Iriansyah, S.Sos, SKM, M.Kes. Mendampingi Gubernur Sumsel Bpk. H. Herman Deru dalam rangka menerima kunjungan kerja Kepala BMKG Staklim Sumsel & Kepala BMKG Stamet SMB II Palembang, untuk Menyampaikan Perkiraan Musim Hujan 2022/2023, yang berguna untuk antisipasi potensi bencana hidrometeorologi di Provinsi Sumatera Selatan.
Dalam Mengantisipasi ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor memasuki musim penghujan kali ini, Gubernur Sumsel H. Herman Deru meminta seluruh warga Sumsel meningkatkan kesiapsiagaannya. Himbauan itu diungkapkan Herman Deru saat menerima audiensi Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel, Wan Dayantolis S.Si. M.Si, dan rombongan di ruang tamunya.
Seperti dijelaskan Koordinator BMKG Sumsel, Wan Dayantolis M.Si tiga tahun berturut-turut ini kondisi curah hujan di atas rata-rata curah hujan biasa dikarenakan pengaruh Lanina. Dampaknya pada muaim kemarau pada 2022, curah hujan justru terjadi di atas rata-rata atau dikenal sebagai kemarau basah. Kondisi tersebut juga membuat 30% wilayah Sumsel terutama di bagian Barat tidak mengalami kemarau atau kemarau pendek yang tidak lagi didefenisikan kemarau.
Bahkan kata Dayan, puncak musim hujan yang biasanya terjadi bulan November dengan intensitaa tinggi diperkirakan akan mulai terjadi pada akhir Oktober. Hal ini menurutnya cukup menguntungkan bagi sebagian petani dan penanganan Karhutla. Meskipun akibat Lanina ini, suaah ada 7 kali banjir pada pertanian. Karena itu pula Untuk itupula pihaknya mendorong semua meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Menanggapi adanya informasi tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan sangat berterimakasih. Sebab menurutnya penyampaian informasi ini adalah langkah yang baik dilakukan Koordinator BMKG Sumsel agar semua pihak bisa mewaspadai segala situasi cuaca di Sumsel.
Dalam kesempatan itu Gubernur Herman Deru secara tegas juga meminta kepada petugas yang membidangi hal tersebut untuk selalu update menyampaikan informasi dan menyebarluaskannya ke Dinas Kominfo dan Humas Pemprov Sumsel. Termasuk juga ke Dinas Kehutanan dan Dinas Perhubungan sehingga Pemprov bisa menyiagakan alat.
Menurut gubernur sumsel hal ini penting agar Pemprov tidak telat menginfokan kepada masyarakat sehingga mereka bisa siap siaga. Pada kesempatan kegiatan ini dihadiri : Gubernur Sumsel, Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel, Kepala BMKG Staklim Sumsel, Kepala BMKG Stamet SMB II Palembang, Dinas Kehutanan Prov. Sumsel, DLHP Prov. Sumsel, Diskominfo Prov. Sumsel, Dishub Prov. Sumsel, Dinkes Prov. Sumsel, serta Karo Humas & Protokol Setda Prov. Sumsel.
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD