KALAKSA BPBD PROVINSI SUMSEL MENGHADIRI UNDANGAN PRESS RELEASE MONITORING MUSIM KEMARAU 2021 DAN PRAKIRAAN AWAL MUSIM HUJAN 2021/2022 DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

dilihat : 79
BAGIKAN :
KALAKSA BPBD PROVINSI SUMSEL MENGHADIRI UNDANGAN PRESS RELEASE MONITORING MUSIM KEMARAU 2021 DAN PRAKIRAAN AWAL MUSIM HUJAN 2021/2022 DI PROVINSI SUMATERA SELATAN

Fotografer : Arief Imawa,SE (Pusdalops BPBD Sumsel)


Palembang, Senin 13 September 2021


Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Selatan Bpk. H. Iriansyah, S.Sos,SKM,M.Kes, yang didampingi Kabid Penanganan Darurat BPBD Provinsi Sumsel Bpk. Ansori, S.Sos. Menghadiri Undangan Kegiatan Press Release Monitoring Musim Kemarau 2021 dan Prakiraan Awal Musim Hujan 2021/2022 di Wilayah Sumatera Selatan yang diadakan oleh BMKG Staklim Kelas I Palembang. Rapat yang dibuka oleh Deputi Bidang Klimatologi diwakili Oleh Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim DR. Ir. DODO GUNAWAN, DEA. Selanjutnya Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Palembang Bpk. Wandayantolis, S.Si., M.Si.  yang didampingi Korbid Datin Stasiun Klimatologi Palembang Nandang Pangaribowo, S. Kom.

 

Adapun Hasil Rapat Kegiatan Press Release Monitoring Musim Kemarau 2021 dan Prakiraan Awal Musim Hujan 2021/2022 di Wilayah Sumatera Selatan :  

1. Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim DR. Ir. DODO GUNAWAN, DEA Menyampaikan terkait akan masuk nya Musim Hujan diwilayah Indonesia, BMKG telah menyiapkan Informasi Prakiraan Awal Musim Hujan secara Nasional dan Lokal yang dalam hal ini PMH lokal akan disampaikan Oleh Kordinator BMKG Provinsi Sumatera Selatan sebagai Dasar Prakiraan Wilayah tersebut hingga Tahun 2022 nanti untuk itu BPBD dan Stakeholder terkait lainnya bisa menggunakan Informasi tersebut sebagai antisipasi Kebencanaan dan Antisipasi di sektor - sektor lainnya.

2. Kepala BPBD Provinsi Sumatera Selatan H. Iriansyah, S.Sos, SKM, M.Kes Menyampaikan BPBD Provinsi SUMSEL selalu siap sedia dalam tanggap darurat bencana baik di musim kemarau dan di musim hujan nanti, meskipun saat ini ada hujan namun tanggap darurat karhutla masih kita siagakan karena masih adanya hotspot dan firespot yang terjadi di wilayah sumatera selatan untuk itu Gubernur Sumatera Selatan melalui BPBD Sumsel akan terus mengatisipasi mencegah Karhutla yang akan terjadi di tahun ini dan Mengajak Masyarakat Sumsel selalu Tanggap bencana dimanapun berada karena bencana ini masalah bersama dan harus di tanggulangi secara bersama sama.

3. Kepala Stasiun Klimatologi Palembang Wandayantolis, S.Si., M.Si Menyampaikan perkembangan musim kemarau diwilayah Sumatera Selatan menunjukan bahwa Musim Kemarau diwilayah Sumsel berlangsung Normal meskipun ada hujan yang terjadi namun Curah hujan masih dalam Normal Hujannya diperiode Musim Kemarau Wilayah Sumsel, jadi meskipun musim kemarau namun bukan berarti tidak ada hujan, saat ini hujan yang terjadi masih spot spot karena Sumsel sedang memasuki Masa Peralihan Musim dari Musim Kemarau ke Musim Hujan sehingga diperkirakan walau ada hujan spot spot Hotspot pun masih ada di wilayah Sumsel untuk itu kita tetap harus mewaspadai Musim Kemarau di Sumsel belum Berakhir hingga Musim Hujan di wilayah Sumsel Benar benar tiba dan diperkirakan awal musim Hujan secara umum dibulan Oktober hinga November 2021, Prakiraan Awal Musim Hujan di Sumsel diperkirakan akan lebih awal atau maju (2 Dasarian dari biasannya) ada di September Pertengahan hingga Bulan Oktober Pertengahan namun secara umun Hujan akan merata di Bulan Oktober 2021. Untuk Kewaspadaan tetap mewaspadai Potensi Hotspot yang masih akan terjadi dimasa peralihan musim ini dan terutama potensi kebencananaan pada musim peralihan seperti Kecepatan Angin yang tinggi Puting beliung, Hujan Spot spot secara tiba tiba dari panas berubah hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Untuk Puncak Musim Hujan diwilayah SUMSEL diperkirakan ada Akhir bulan Februari dan bulan Maret 2022 namun perlu diwaspadai peningkatan Curah Hujan di bulan Desember 2021 hingga Januari 2022.


Lokasi Kegiatan : Stasiun Klimatologi Kelas I Palembang (Jln. Mayjen Yusuf Singadekane RT/RW. 22/05 Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati Palembang) Dihadiri : Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Sekda Provinsi Sumsel, Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG, Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Kepala BPTP Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pertanian dan TPH Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota/Kabupaten Provinsi Sumsel, Kalaksa BPBD Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel, Pemerintah Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel, Kepala Baperlintan BPTPH Provinsi Sumsel, Kepala BMKG Stamet SMB 2 Palembang, Kasi Ops Korem 044 Gapo, Karo Ops Polda Sumsel, Perhimpi Sumsel, serta Wartawan Media Televisi, Radio dan Cetak/Online Sumsel.

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD