Bpbd Sumsel Terjunkan Tim Reaksi Cepat dan Perahu Karet Untuk Evakuasi Korban Banjir Di Muara Enim

dilihat : 342
BAGIKAN :
Bpbd Sumsel Terjunkan Tim Reaksi Cepat  dan Perahu Karet Untuk Evakuasi Korban Banjir Di Muara Enim

Bpbd Sumsel Evakuasi Korban Banjir Bersama Bpbd Muara Enim

Muara Enim – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel M. Iqbal Alisyahbana, S.STP, MM. Menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan perahu karet untuk lakukan evakuasi korban banjir di Muara Enim. (14/1/2024)

Banjir yang terjadi sabtu, 13 Januari 2024 pada jam 02.00 Wib, di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim. Tim reaksi cepat yang dipimpin langsung oleh Kasi Tanggap Darurat Supanto, SH. Menerjunkan 2 Tim reaksi cepat untuk bantu lakukan evakuasi korban banjir.


Selain menerjun TRC, BPBD Sumsel juga memberikan bantuan Pj. Gubernur Sumsel berupa paket logistik sembako, yang terdiri dari, 50 paket logistik sembako yang terdiri dari (mie instan 500 bungkus, minyak goreng 50 liter, gandum 50 kg, gula pasir 50 kg, saos sambal 100 botol, kecap manis 100 botol, sarden 200 kaleng, goodie bag 50 pcs), matras 50 lembar, makanan siap saji 50 pouch, serta beras 50 karung.

Banjir yang disebabkan karena hujan dengan intensitas lebat di Kabupaten Muara Enim pada hari sabtu, 13 Januari 2024 Pukul 02.00 wib, yang mengakibatkan sungai Benakat dan sungai Lematang meluap, serta disebabkan Sedimen dan penyempitan aliran sungai.


TRC BPBD Sumsel terus lakukan monitoring dan evakuasi korban banjir hingga larut malam hari, dan juga melakukan pendataan korban banjir. Adapun data korban yang terdampak di 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Benakat (Korban Jiwa : Nihil, 1.576 rumah terendam, 1 unit rumah rusak berat, Fasos/fasum, infrastruktur (masih pendataan), TMA +/- 2 meter

Serta dilanjutkan di Kecamatan Belimbing (Korban Jiwa : Nihil, 523 rumah terendam (693 KK, 1.477 Jiwa), 1 Fasilitas Pendidikan SDN 12 Belimbing, 1 Fasilitas Ibadah Masjid, TMA +/- 3 meter), dan Kecamatan Gelumbang (Korban Jiwa : Nihil, 29 KK, 88 Jiwa, TMA+/- 1,5 meter). Serta di Kecamatan Muara Enim (Korban Jiwa : Nihil, 3 rumah terendam, TMA+/- 50 cm).


Pada kejadian banjir ini menimbulkan kebutuhan mendesak seperti air bersih, logistik, sembako, tenda posko untuk korban banjir. Bpbd Muara Enim telah berkoordinasi dengan Perangkat daerah untuk segera memenuhi kebutuhan tersebut, serta selalu siaga menghadapi kemungkinan kenaikan debit air sungai di Muara Enim.
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD