BPBD Sumsel Dampingi Pj Gubernur Kunjungi Lokasi Banjir Salurkan Bantuan dan Berikan Semangat Bagi Korban Banjir di Muara Enim

dilihat : 530
BAGIKAN :
BPBD Sumsel Dampingi  Pj Gubernur Kunjungi Lokasi Banjir Salurkan Bantuan dan Berikan Semangat Bagi Korban Banjir di Muara Enim

Pj Gubernur Sumsel memberikan kata sambutan yang didampingi Asisten 1 Pemprov Sumsel, Kalaksa BPBD Sumsel, serta Kadis Kominfo Sumsel. Sumber : Dok. Aris Imam BPBD Sumsel

MUARA ENIM – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel M Iqbal Alisyahbana, S.STP, MM, bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Dr Drs A Fatoni Msi, melakukan kunjungan ke salah satu lokasi banjir di Kabupaten Muara Enim, tepatnya di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan pada Jumat (19/1/2024).

Kedatangan tersebut tidak hanya sebagai bentuk penyaluran bantuan, tetapi juga untuk memberikan semangat kepada para korban banjir.

Pj Gubernur Sumsel menyampaikan bahwa Pemerintah telah melakukan pendataan, upaya pertolongan, dan pemberian bantuan, termasuk peralatan, makanan, pakaian, dan bantuan medis. 

Dalam hal infrastruktur yang rusak, seperti jembatan, Pj Gubernur menyebut bahwa sudah ada pendataan dan koordinasi antara pemerintah provinsi, kabupaten, dan pusat. 
"Infrastruktur yang rusak sudah dipetakan untuk segera dilaksanakan penanganan bersama," ungkapnya 


Pj Bupati Muara Enim, Dr H Ahmad Rizali MA menjelaskan bahwa tingginya curah hujan menyebabkan sungai-sungai di beberapa wilayah Muara Enim meluap, mempengaruhi beberapa desa di beberapa kecamatan, termasuk longsor di daerah dataran tinggi.

“Karena tingginya curah hujan di Muara Enim membuat sungai meluap di Beberapa Kecamatan serta menyebabkan longsor di daerah dataran tinggi,” Katanya.

Kecamatan yang terdampak banjir meliputi Muara Enim, Ujan Mas, Benakat, Gunung Megang, Belimbing, Empat Petulai Dangku, Sungai Rotan, Lembak, Gelumbang, dan Muara Belida. Total 73 desa dan 15.270 kepala keluarga dengan 60 ribu jiwa terdampak banjir.

Adanya longsor tercatat di Kecamatan Semende Darat Ulu dan Semende Darat Tengah dengan empat titik kelongsoran. Bencana ini juga menyebabkan rusaknya infrastruktur, seperti rumah roboh, jembatan putus, dan saluran irigasi patah dan tertimbun.


Pemkab Muara Enim telah menetapkan status tanggap darurat bencana, evakuasi, dan mendirikan tenda pengungsi. Pendataan dampak bencana juga telah dilakukan, termasuk pemberian bantuan sembako yang terus mengalir dari berbagai pihak.

Seorang warga, Tia, yang menerima bantuan langsung dari Pj Gubernur Sumsel, menyampaikan terima kasih karena bantuan tersebut sangat meringankan beban mereka. Ia berharap pemerintah terus memberikan perhatian kepada warga terutama yang rumahnya terendam banjir, hingga banjir benar-benar surut.
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD