BPBD Sumsel bersama Dinsos Salurkan Bantuan Pj. Gubernur Sumsel Pada Korban Bencana Banjir di Kabupaten OKU

dilihat : 311
BAGIKAN :
BPBD Sumsel bersama Dinsos Salurkan Bantuan Pj. Gubernur Sumsel Pada Korban Bencana Banjir di Kabupaten OKU

BPBD Sumsel Bersama Dinsos Sumsel Serahkan Bantuan Pj. Gubernur Sumsel Pada Bupati Kab. OKU Untuk disalurkan Pada Korban Bencana Banjir / Dokumentasi : Farel (BPBD Sumsel) / Editor : Arief Imawa (BPBD Sumsel)

OKU – BPBD Sumsel, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) Muhammad Iqbal Alisyahbana, S.STP, MM. yang didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel Mirwansyah, SKM, MKM. Meninjau langsung lokasi kejadian bencana banjir di Kabupaten OKU, (09/05/2024)

 

Serta dilanjutkan penyerahan bantuan Pj. Gubernur Sumsel Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si, berupa paket logistik sembako kepada Bupati Kabupaten OKU H. Teddy Meilwansyah untuk di distribusikan kepada korban yang terdampak banjir yang disebabkan luapan air sungai ogan di Kabupaten OKU.



 

BPBD Sumsel juga menerjunkan unit Tim Reaksi Cepat untuk melakukan evakuasi korban, yang dipimpin langsung oleh Kasi Tanggap Darurat Supanto, SH, dan Pemberian Pelayanan Kesehatan oleh unit UPTB Trauma Center & Pelayanan Kesehatan BPBD Sumsel yang dipimpin oleh dr. Ira Perdana, serta Pemberian Pelayanan Psikososial yang dipimpin oleh Febry, S.Sos, M.Si selaku Kasi Rehabilitasi.

 

Adapun bantuan Pj. Gubernur Sumsel yang diserahkan melalui Kalaksa BPBD Sumsel dan Dinsos Sumsel :

BPBD Sumsel : 100 paket (Selimut 100 pcs, Sembako 78 Paket, Hygiene Kit 100 Paket, Matras 100 lembar, Nasi Goreng 100 buah), Perahu karet 2 unit.




Dinkes Sumsel : PMT Bumil 520 kotak, PMT Balita 400 kotak, Bahan Medis Habis Pakai 2 paket, Obat-obatan 2 paket, Valbet 20 unit, 1 unit Tenda posko kes Uk 4x8 M, Oksigen Consentrator 50 unit, Handscon 5000 pcs, Masker 4000 pcs.



 

Serta dilanjutkan, Dinsos Sumsel : Makanan Siap Saji B2023 200 paket, Lauk Pauk Siap Saji 2023 200 paket, Selimut A2023 30 pcs, Tenda Gulung C2023 20 unit, Family Kid C2023 20 paket, Kids Ware A2023 45 paket, Sandang Dewasa 2023 30 paket, Sandang Anak 2023 30 paket, beras 5000 kg.

PT. Pusri : 200 paket sembako (beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter /isi 1 paket sembako)

Bank Sumsel Babel : 500 paket sembako.



 

Pemberian Pelayanan Kesehatan oleh UPTB Trauma Center & Pelayanan Kesehatan BPBD Sumsel, telah melakukan pemeriksaan kesehatan serta pengobatan kepada korban bencana Banjir sebanyak 177 orang  yang dilakukan oleh 2 Tim UPTB  terdiri dari dokter dan perawat di lokasi yang berbeda dengan melakukan pelayanan kesehatan di posko kesehatan dan pemeriksaan door to door.

 

Dari hasil pemeriksaan kesehatan didapatkan variasi diagnosa seperti penyakit  darah tinggi (hipertensi), sakit maag, gatal gatal, diare, sakit kepala, nyeri sendi, ISPA, luka akibat terkena pecahan kaca dan tertusuk paku.

 

Diharapkan dengan dilakukan pemberian bantuan, evakuasi, pelayanan kesehatan, dan pelayanan psikososial ini dapat meringankan penderitaan korban bencana banjir yang terjadi di Kabupaten OKU.



 

Bencana banjir yang terjadi pada hari senin s.d selasa, tanggal 06 Mei s.d 07 Mei 2024. Pukul 19.30 Wib s/d 14.00 Wib, yang disebabkan hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat di beberapa wilayah di Kabupaten OKU dengan durasi waktu yang cukup lama sehingga debit air sungai ogan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari hulu sungai ogan dan beberapa anak sungai lainnya menyebabkan terjadinya banjir di dua wilayah Kecamatan tersebut meluapnya air sungai.

 

Adapun 2 Kecamatan di Kabupaten OKU yang terdampak, 1). Kecamatan Baturaja Barat (Kelurahan Tanjung Agung, Kelurahan Talang Jawa, Kelurahan Air Gading, Desa Tanjung Karang, Kelurahan Batu Kuning, Desa Laya, Desa Karang Endah, Desa Batu Putih, Desa Pusar, Kelurahan Saung Naga). 2). Kecamatan Baturaja Timur (Kelurahan Sekarjaya, Kelurahan Baturaja Permai, Kelurahan Baturaja Lama, Kelurahan Kemala Raja, Kelurahan Sukaraya, Desa Air Paoh).

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD