BPBD PROVINSI SUMSEL MENYELENGGARAKAN APEL BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR, SERTA PENGUATAN KAPASITAS KAWASAN UNTUK PENCEGAHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA YANG DIPIMPIN LANGSUNG OLEH PJ GUBERNUR SUMATERA SELATAN

dilihat : 419
BAGIKAN :
BPBD PROVINSI SUMSEL MENYELENGGARAKAN APEL BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR, SERTA PENGUATAN KAPASITAS KAWASAN UNTUK PENCEGAHAN KESIAPSIAGAAN BENCANA YANG DIPIMPIN LANGSUNG OLEH PJ GUBERNUR SUMATERA SELATAN

Publish Berita : Arief Imawa,SE (Pusdalops BPBD Sumsel)


Palembang, Kamis 23 November 2023


Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan Menyelenggarakan Apel Bencana Banjir dan Tanah Longsor, serta Penguatan Kapasitas Kawasan Untuk Pencegahan Kesiapsiagaan Bencana di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 yang melibatkan 1000 peserta yang mengikuti apel. 
Apel yang diselenggarakan pada hari Kamis pukul : 14.00 Wib, berlokasi di Halaman Depan Shooting Range Jakabaring Sport City Palembang. Serta apel yang dipimpin langsung oleh Bpk. Pj. Gubernur Sumsel Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si selaku Pembina Apel

Adapun laporan pelaksanaan kegiatan apel yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Selatan Bpk. Muhammad Iqbal Alisyahbana, S.STP, MM : 
Memperhatikan kondisi musim penghujan Tahun 2023 di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, serta adanya potensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor pada beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Selatan, maka perlu dilaksanakan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan, berupa penyiapan personil dan peralatan untuk memudahkan mobilisasi personil dan peralatan ke lokasi bencana atau ke daerah rawan bencana.

Mobilisasi personil dan peralatan ke lokasi bencana atau ke daerah rawan bencana  untuk membantu melaksanakan bantuan pertolongan berupa penyelamatan dan evakuasi  untuk meminimalisir dampak bencana berupa kerusakan sarana prasarana maupun korban jiwa.

Sehubungan dengan kesiapsiagaan personil dan peralatan tersebut hari ini tanggal 23 November 2023 dilaksanakan Kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan bencana dalam rangka Apel Kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan banjir dan tanah longsor tahun 2023, dan dapat kami laporkan sebagai berikut :
1. Dasar : (a). Surat Deputi Bidang Pencegahan BNPB RI, nomor : B-475/BNPB/D II/BP.03.02/11/2023, tanggal 6 November 2023, perihal Peringatan Dini dan Langkah-Langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Bencana. (b). Persetujuan Pj. Gubernur Sumatera Selatan atas Nota Dinas Nomor : 360/01365/BPBD-SS-IV/2023, tanggal 14 November 2023, perihal Mohon Persetujuan Pelaksanaan Apel Banjir Kegiatan Penguatan Kapasitas Kawasan untuk Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023   
2. Tujuan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Sumatera Selatan Tahun 2023, adalah untuk : (a). Meningkatkan kemampuan personil dan kesiapan peralatan penanggulangan banjir dan tanah longsor. (b). Mengoptimalkan peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing Dinas/ Instansi/ Stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor agar korban jiwa dan harta dapat diminimalisir.
3. Waktu dan Tempat Pelaksanaan : Kamis, 23 November 2023 di Halaman Depan Shooting Range Jakabaring Sport City Palembang.
4. Peserta, berjumlah 1000 orang personil, dilengkapi dengan sarana prasarana dari masing-masing Dinas/Instansi Stakeholder terkait, terdiri dari : Korem 044 GAPO 60, Polda Sumsel 85, Lanal Palembang 30, Lanud SMH Palembang 30, Tagana Dinsos Prov. Sumsel 30, Biro Umum dan Perlengkapan Setda Prov. Sumsel 10, BPBD Prov. Sumsel 153, Dinas PU Bina Marga & Tata Ruang Prov. Sumsel 15, Dinas PU Pengelolaan Sumber Daya Air Prov. Sumsel 15, Dinas PU. Perumahan dan Kawasan Permukiman Prov. Sumsel 15, Satuan Polisi Pamong Praja 117, Dinas PBK Kota Palembang 30, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan 20, SAR Palembang 30, Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel 20, Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Sumsel 10, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII 10, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera 10, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung 10, PT. PLN Wilayah Sumsel 10, PMI Daerah Sumsel 30, ORARI Daerah Sumsel 30, RAPI Daerah Sumsel 30, Kwarda Pramuka Sumsel 30, Mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang 30, Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang 30, Mahasiswa UMP 30, JSC Pengamanan Darat 30, JSC Pengamanan Air 10, Karang Taruna 20, Pemuda Panca Marga 20.

Adapun Arahan/Sambutan Gubernur Sumsel Bpk. Pj. Gubernur Sumsel Dr. Drs. A. Fatoni, M.Si selaku Pembina Apel : 
Apel kesiapsiagaan personil dan peralatan sebagai upaya kesiapsiagaan perlu kita lakukan untuk mengetahui kesiapan personil dan peratalan sebagai bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana, dengan kesiapan ini  diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dari ancaman bencana, walaupun kita juga berharap bencana itu tidak terjadi.

Dari data kejadian bencana yang terjadi di Provinsi Sumatera Selatan pada Tahun 2022 terjadi sebanyak  147 kali kejadian bencana dan pada Tahun 2023 sampai dengan akhir November ini tercatat sebanyak 69 kali kejadian bencana, mudah-mudahan dengan kesiapsiagaan kita bencana ini tidak bertambah lagi, kalaupun terjadi kita berharap tidak menimbulkan sampai menimbulkan kerusakan sarana atau prasarana atau korban jiwa.

Sebenarnya dari data yang ada juga kejadian bencana yang terjadi di Sumatera Selatan ini lebih banyak kejadian kebakaran pemukiman atau kebakaran rumah penduduk, ini sebenarnya merupakan akibat kelalaian manusia, bukan akibat peristiwa alam, tapi tentu juga kepada korbannya yang mengalami kehilangan tempat tinggal atau bahkan ada sampai yang luka atau meninggal korbannya juga perlu kita perhatikan dan diberikan bantuan, untuk itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak seperti dunia usaha BUMN dan BUMD yang juga turut aktif untuk membantu korban bencana.   

Pada Kegiatan Apel Bencana Banjir dan Tanah Longsor, serta Penguatan Kapasitas Kawasan Untuk Pencegahan Kesiapsiagaan Bencana di Provinsi Sumatera Selatan dihadiri oleh Pj. Gubernur Sumsel, Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel, Pangdam II SWJ, Kapolda Sumsel, Kejati Sumsel, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Kabinda Sumsel, Pj. Walikota (Palembang, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Prabumulih), Bupati Kabupaten (Ogan Ilir, OKI, OKU, OKUT, OKUS, Muara Enim, PALI, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Muba, Banyuasin, Muratara), Sekda Sumsel, Danrem 044 Gapo, Asops Kodam II SWJ, Danlanud SMH Plb,  Danlanal TNI AL Plb, Karo Ops Polda Sumsel, Dirdit Polairud Sumsel, Dansat Brimob Polda Sumsel, Dikrimsus Polda Sumsel, Dirbinmas Polda Sumsel, Dirsamapta Polda Sumsel, Kakanwil Kemenag Sumsel, BPK Sumsel, BPKP Sumsel, BPBD Provinsi Sumsel, BPBD Kabupaten/Kota Se-Sumsel, serta OPD Terkait.
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD