BPBD Sumsel Berperan Aktif dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Pulau Kemaro

dilihat : 404
BAGIKAN :
BPBD Sumsel Berperan Aktif dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Pulau Kemaro

Aksi Bersih Negeri: BPBD Sumsel ikut serta dalam Peringatan HPSN tahun 2024 di Sungai Musi menggunakan Kapal Kuda Laut 801. Foto: Dini. B/BPBD Sumsel.

Palembang, BPBD Sumsel - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia untuk wilayah Sumatera Selatan dipusatkan di Palembang pulau Kemaro, Jumat (8/3/2024) mengusung tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”.

 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumsel M. Iqbal Alisyahbana, S.STP., MM., mengingatkan bahwa Sumatera Selatan sedang masuk dasarian II pada bulan Maret 2024, yang masih berpotensi terjadi hujan sedang sampai dengan lebat.

 

“Hal ini memerlukan perhatian khusus dari masyarakat untuk memperingati HPSN tahun 2024 dan mengurangi sampah yang dibuang secara irregular, ujar Iqbal.

 

Sebagai bagian dari upaya memperingati hari yang penting ini, Iqbal menugaskan Satuan Tugas (Satgas) untuk menyumbangkan tenaga dan keterampilan dengan bergabung dalam tim rescue.


 

Rescue: Kalaksa BPBD Sumsel M. Iqbal Alisyahbana, S.STP., MM., menugaskan tim rescue ikut berpartisipasi dalam rangka peringatan HPSN tahun 2024. Foto: Amin/BPBS Sumsel.


Tim ini bertugas untuk membantu dalam penanganan sampah dan menjaga keamanan selama acara berlangsung.

 

Kehadiran BPBD Sumsel di acara ini menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

 

Kegiatan ini selaras dengan selogan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD, yaitu "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita".


 

Pengamanan: Tim rescue BPBD Sumsel bertugas untuk membantu dalam penanganan sampah dan menjaga keamanan selama acara berlangsung. Foto: (Tangkapan layar video Ari/BPBD Sumsel).


Dengan adanya partisipasi BPBD Sumsel sebagai bagian dari tim rescue, diharapkan peringatan HPSN tahun ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi kesadaran lingkungan masyarakat di Sumatera Selatan.


 


Tabur: Penaburan Air Eco Enzyme di Sungai Musi yang berguna untuk membersihkan sekaligus menjernihkan air namun tidak merusak habitat yang ada di sungai tersebut. Foto: Dini. B/BPBS Sumsel.



Kegiatan tersebut ditandai dengan menabur air eco enzyme yang berguna untuk membersihkan sekaligus menjernihkan air namun aman dengan habitat yang ada di sungai tersebut.

 

Mari kita semua bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

  Agenda Kegiatan BPBD